Pengertian VGA
VGA (Video graphic Adapter) adalah
perangkat Output yang bertugas untuk mengolah data menjadi tampilan grafis atau
teks di layar monitor. VGA berfungsi menghubungkan sistem komputer dengan monitor. VGA card
membutuhkan aplikasi pendukung yaitu driver. Driver ini
berfungsi sebagai perantara sistem operasi dan kartu grafis.
Komponen-Komponen
VGA Card :
- GPU (Graphic Processing Unit)
GPU adalah prosesor dari sebuah video
card, dan berfungsi untuk pengolahan data gambar yang akan ditampilkan di layer
monitor.
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan
sementara sebelum dan sesudah pemrosesan data pada GPU.
- RAMDAC (Random Access Memory
Digital – Analog Converter)
Berfungsi mengubah gambar digital
menjadi sinyal analog agar bisa digunakan oleh monitor.
- Bus Interface
Berfungsi
menghubungkan motherboard dengan kartu grafis. Pada umumnya, bus interface ini
tipe AGP dan PCI-Express.
- Display Interface
Berfungsi menghubungkan kartu grafis
dengan monitor. Umumnya terdapat 3 port display, antara lain DVI, VGA, TV-Out
- Heatsink dan Fan
Berfungsi sebagai pendingin kartu
grafis
Core Clock Speed= kecepatan processor VGA, cycles dalam
second
Memory Core Speed= RAM VGA transfer data ke/dari
Processor VGA
Terdapat 2 macam VGA :
- VGA On-Board
VGA yang
sudah terintegrasi pada MotherBoard. VGA
On Board menggunakan RAM sebagai Memory VGA alias Share Memory.
- VGA Add-On
VGA
yang terpisah dengan motherboard yang memiliki interface semacam PCI atau AGP.
Pada VGA Add On sudah memiliki GPU dan Memori sendiri.
Cara Kerja Kartu VGA
Saat aplikasi yang dijalankan ingin
menciptakan sebuah citra, aplikasi tersebut akan meminta bantuan pada driver kartu
grafis. Driver grafis akan mendengarkan instruksi, baik dari OS atau dari
aplikasi, kemudian mengambil data digital yang diperlukan dan
mengkonversikannya menjadi sebuah format yang dimengerti oleh kartu grafis
tersebut.
Setelah
itu, driver menyalurkan data digital yang baru diformat tersebut kepada kartu
grafis untuk melakukan rendering. Data tersebut berjalan menuju kartu VGA
melalui slot pada motherboard (AGP/PCI-E)
Setelah
disalurkan ke kartu grafis, data akan dikirimkan ke memori kartu grafis sebagai
tempat penyimpanan sementara. Kemudian GPU akan mengambil data digital tersebut
lalu mengubahnya menjadi pixel.
Pada
titik ini, pixel belum siap untuk ditampilkan ke layar. Pixel tersebut akan
dikirim kembali ke Video RAM untuk disimpan. VRAM terhubung langsung pada
digital-to-analog converter(DAC). Converter ini juga biasa disebut RAMDAC yang
bertugas menterjemahkan image ke signal analog agar bisa digunakan oleh
monitor. Selanjutnya, RAMDAC mengirimkan gambar final kepada monitor melalui
kabel.
Aplikasi->Driver->VGA(VRAM->GPU->VRAM->RAMDAC)->Monitor
Teknologi Multi-VGA
- SLI
(Scalable Link Interface)
Teknik penggabungan 2 buah video card
dari nVIDIA di dalam satu motherboard guna mendapatkan peningkatan performa /
FPS. Biasanya peningkatan yang didapatkan, hanya berkisar 40 – 60 % saja. Teknik
yang digunakan : SFR, AFR, SLI AA
- CrossFire
Teknik Multi GPU yang sama dengan SLI,
hanya saja CrossFire ini dikhususkan untuk video card ATi. Perbedaannya
terletak pada arsitektur yang digunakan. CrossFire dibutuhkan satu VGA sebagai
master, dan satu lagi sebagai slave. Teknik yang digunakan: AFR, Scissor mode,
Supertiling, Super AA mode.
Definisi teknik Multi-VGA
SFR
Teknik
rendering grafis, yang membagi gambar (frame) menjadi dua bagian secara horizontal,
dengan setipa bagian gambar akan dirender oleh masing-masing video card dalam
konfigurasi SLI.
AFR
Teknik
yang membagi proses rendering bergantian untuk frame yang satu dengan frame
berikutnya, tanpa terjadi pembagian area ke tiap video card.
SLI AA
Teknik
untuk memproses anti-aliasing yang dilakukan oleh dua video card secara
langsung dalam konfigurasi SLI
Scissor mode
Secara
keseluruhan, sama seperti teknik SFR pada nVIDIA, hanya ATi melakukan perubahan
nama saja.
Supertiling
Teknik
ini membagi frame gambar dalam bentuk sejumlah area berbentuk segi empat
layaknya papan catur dengan tiap area yang bersebelahan dirender oleh videocard
yang berbeda.
Super AA mode
Secara
garis besar, teknik ini hampir sama seperti yang dilakukan nVIDIA pada SLi AA.
Istilah Umum VGA Card
3Dpipeline
Jumlah seluruh langkah-langkah yang diperlukan untuk menampilkan sebuah skenario 3D buatan pada monitor.
Jumlah seluruh langkah-langkah yang diperlukan untuk menampilkan sebuah skenario 3D buatan pada monitor.
Anti-aliasing
(AA)
Anti-aliasing adalah teknik untuk mengurangi distorsi aliasing ketika menampilkan gambar resolusi tinggi di resolusi rendah. Biasanya aliasing ini berbentuk jaggies, terutama pada penggambaran garis pada sudut-sudut elevasi (posisi miring).
Anisotropic filtering
Metode yang digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar dari permukaan tekstur yang diperlihatkan pada posisi jauh.
Anti-aliasing adalah teknik untuk mengurangi distorsi aliasing ketika menampilkan gambar resolusi tinggi di resolusi rendah. Biasanya aliasing ini berbentuk jaggies, terutama pada penggambaran garis pada sudut-sudut elevasi (posisi miring).
Anisotropic filtering
Metode yang digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar dari permukaan tekstur yang diperlihatkan pada posisi jauh.
Bump mapping
Sebuah tehnik yang menyediakan informasi kedalaman tekstur yang bisa digunakan untuk menampilkan gambar seperti relief atau gambar yang diberi efek emboss.
Frame
buffer
Bagian dari memori grafis yang digunakan untuk membuat sebuah gambar yang akan muncul pada monitor. Frame buffer juga digunakan untuk membuat dan mengkalkulasikan efek transparansi.
Bagian dari memori grafis yang digunakan untuk membuat sebuah gambar yang akan muncul pada monitor. Frame buffer juga digunakan untuk membuat dan mengkalkulasikan efek transparansi.
Full-scene
anti-aliasing
Menjelaskan sebuah tipe dari anti aliasing yang diaplikasikan terhadap sebuah frame lengkap. Dua proses digunakannya ialah Super sampling dan accumulated buffers.
Menjelaskan sebuah tipe dari anti aliasing yang diaplikasikan terhadap sebuah frame lengkap. Dua proses digunakannya ialah Super sampling dan accumulated buffers.
High
dynamic range rendering (HDR)
Adalah prosedur pencahayaan yang didesain untuk mengemulasi, bagaimana variasi tingkatan cahaya di dunia nyata untuk jarak yang sangat luas.
Adalah prosedur pencahayaan yang didesain untuk mengemulasi, bagaimana variasi tingkatan cahaya di dunia nyata untuk jarak yang sangat luas.
Shader
Suatu program komputer yang dieksekusi di dalam lingkungan tertentu. Program ini digunakan untuk menentukan karakteristik akhir dari permukaan objek atau gambar 3D.
Suatu program komputer yang dieksekusi di dalam lingkungan tertentu. Program ini digunakan untuk menentukan karakteristik akhir dari permukaan objek atau gambar 3D.
Texture
Mapping
Metode untuk menambahkan detail tekstur pada permukaan, atau pewarnaan kepada gambar atau objek 3D yang dihasilkan komputer.
Metode untuk menambahkan detail tekstur pada permukaan, atau pewarnaan kepada gambar atau objek 3D yang dihasilkan komputer.
Motion
Blur
Efek yang memberikan kesan berbayang terhadap objek yang bergerak cepat
Efek yang memberikan kesan berbayang terhadap objek yang bergerak cepat
Tips Merawat VGA
n
Suhu
VGA harus dijaga, jangan terlalu panas karena dapat merusak chipset.
n
Pasokan
listrik harus stabil. Pastikan PSU yang digunakan berkualitas.
n
Jauhkan
dari Kotoran dan debu yang menempel pada VGA.
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar